Perbedaan Bahan Baju Wanita Import dan Lokal

Kita tidak bisa memungkiri bahwa mayoritas masyarakat Indonesia lebih gemar membeli bahan, kain atau baju impor. Bahkan barang-barang selain pakaian yang digunakan warga pun merupakan produk impor. Padahal, produk dalam negeri pun tidak kalah kualitasnya dengan produk impor. Terlebih lagi dengan semakin berkembangnya teknologi, kualitas bahan baju lokal pun sudah semakin baik. Kaum wanita yang sering membeli bahan baju wanita pun seringkali kepincut dengan bahan baju impor.

Meskipun dibilang bahwa orang Indonesia gemar membeli bahan baju impor, hanya beberapa orang bersaku banyak yang sering melakukannya. Untuk kalangan menengah ke bawah, produk lokal adalah pilihan standar dan dianggap sudah baik. Sebenarnya apa yang membedakan antara bahan baju, terutama bahan baju wanita impor dan lokal?

26 Hanbok Modern Fashion Korea - vintagetopia

Perbedaan Bahan Baju Wanita Import dan Lokal

1. Kualitas

Jika kita membanding-bandingkan kualitas bahan baju wanita impor dan lokal, sebenarnya tidak terlalu jauh. Kualitas bahan baju impor bisa begitu bagus karena melewati quality control yang ketat. Dan proses quality control ini terjadi secara stabil. Sementara untuk proses pembuatan bahan baju wanita lokal masih kurang stabil kualitasnya. Apalagi bahan baju yang dibuat berasal dari beberapa konveksi yang ada di Indonesia.

Dengan produksi yang tidak stabil membuat harga bahan baju lokal menjadi lebih rendah daripada bahan baju impor. Meskipun begitu, jika kita perhatikan bahan baju wanita lokal sudah mengalami perkembangan. Dan berkat teknologi yang mumpuni, produk bahan baju wanita lokal memiliki kualitas terbaik. Contohnya saja, Lea Jeans yang merupakan brand jeans ternama menggunakan bahan kain jeans yang diproduksi dari Tangerang, Indonesia.

Maka bisa dilihat ada perkembangan yang baik dari produk Indonesia. Sehingga produk-produk lokal bakal mampu bersaing dengan produk negara lain.

2. Varian Warna

Meskipun banyak bahan baju wanita yang dilirik, nyatanya varian warna bahan baju yang tersedia masih kurang lengkap. Sementara untuk bahan baju lokal memiliki varian warna bahan yang sangat bervariasi. Sehingga Anda banyak pilihan yang bisa diambil oleh konsumen.

3. Ciri / Karakteristik Bahan

Jangan salah, meskipun produk lokal tidak setenar dengan produk luar negeri tetapi ada banyak hal menarik yang ada pada bahan baju lokal. Pada saat Anda melihat bahan baju impor, maka akan dominan menemukan warna yang itu-itu saja. Sementara bahan lokal wanita memiliki beberapa motif khas Indonesia. Biasanya, bahan baju impor dominan polos dengan warna gelap.

4. Daya Tahan

Bahan baju impor yang dibanderol dengan harga mahal tentu memiliki daya tahan yang baik. Namun akan berbeda dengan bahan baju impor yang berasal dari brand biasa atau tanpa brand. Sementara pada bahan baju wanita lokal memiliki kualitas yang hampir sama. Jadi, setiap konveksi menghasilkan bahan baju yang berkualitas standar secara merata.

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan perbedaan kualitas dan harga bahan baju wanita impor dan lokal. Adapun yang bisa menyebabkan perbedaan tersebut adalah peralatan canggih yang dimiliki. Namun sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk turut mendukung produk dalam negeri. Sehingga kualitas produk dalam negeri tidak kalah saing. Ada banyak produk lokal yang terkenal di dunia internasional. Semua itu berkat kegigihan para produsen yang mau melakukan perubahan. Dan tidak perllu malu lagi untuk menggunakan produk lokal. Dengan membeli produk lokal, Anda pun mendukung produk lokal untuk berkembang dan maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *