Bahan Bagus Yang Digunakan Untuk Membuat Baju Wanita

Pakaian wanita dewasa ini semakin beragam bentuk dan desainnya, begitu pula dengan bahan yang digunakan. Trend pakaian wanita juga terus berubah setiap musimnya menunjukkan semakin berkembangnya industri mode di dunia. Namun di tengah era mode yang semakin unik dan kreatif bahan penyusun dari baju wanita mayoritas tetaplah sama. Berikut ini merupakan bahan yang seringkali dipakai untuk membuat baju wanita yang nyaman dan bagus.

  • Brocade

Brocade atau seringkali disebut brokat oleh orang indonesia bukanlah kebaya, melainkan jenis kain yang dibuat untuk menciptakan kesan mewah. Bagi sebagian wanita terutama yang hobi kondangan tentunya selalu mengaitkan antara brokat dan kebaya untuk kondangan, tidak salah kok cuma kurang tepat. Jika brokat sendiri sering dikatakan kebaya memang pada faktanya mayoritas kebaya di indonesia selalu menggunakan kain brokat baik itu untuk aksesoris maupun bahan dasarnya.

  • Cotton

Cotton atau katun sangat sering digunakan untuk pakaian casual wanita di indonesia. Bahan kain katun sendiri sangat cocok untuk iklim tropis di indonesia karena mudah menyerap keringat, memiliki tekstur yang halus dan kainnya terasa dingin. Ada beberapa jenis katun yang sering kita ketahui di indonesia adalah cotton combed 30s, 24s dan 20s. Kain katun dengan tipe 30s merupakan kain katun dengan tipe lembaran yang tipis, jadi semakin besar angka yang menunjukkan jenis katun maka semakin tipis lembaran kain katun tersebut.

  • Spandex
Cape Sleeve Pink V Neck Mermaid Dress | Rosewe.com - USD $34.45

Spandex merupakan jenis kain elastis yang terbuat dari bahan sintetis yang kuat. Dengan tekstur yang lentur ini pakaian berbahan kain spandex dapat memberikan sensasi yang lembut dan dingin saat dipakai. Biasanya kain spandex sendiri sering digunakan untuk bahan pakaian dalam karena sifatnya yang elastis dan tipis sehingga sangat cocok dan nyaman untuk bahan pakaian dalam. Namun seiring perkembangan zaman tak jarang kain spandek kini digunakan untuk bahan dasar rok.

  • Polyester
Lulus | Dearly Loved Slate Blue Flutter Sleeve Maxi Dress | Size X-Small | 100% Polyester

Polyester merupakan kain yang terbuat dari bahan sintetis yang tidak dapat menyerap keringat sehingga tidak terlalu cocok digunakan sebagai bahan dasar pakaian untuk daerah beriklim tropis seperti di indonesia. Jika dibandingkan dengan spandek, kain polyester tidak memiliki tekstur selembut spandek. Secara kualitas kain ini juga kalah dari katun, sehingga sisi positif dari kain ini adalah harganya yang murah. Seringkali baju dengan bahan dasar polyester warnanya akan mudah memudar ketika di setrika, atau ketika sudah dipakai dan dicuci beberapa kali.

  • Chiffon
Appliqued Elegant Chiffon Sweetheart Wedding Dress With 3/4 Off-shoulder Sleeves - Dress Afford

Bagi anda yang berhijab mungkin sudah familiar dengan kain chiffon atau sifon. Kain ini merupakan kain yang terbuat dari bahan sintetis yang memiliki karakteristik kain ringan, tipis dan transparan. Seringkali kain sifon digunakan untuk bahan hijab atau mukena karena karakteristik kain yang ringan.

Baby Terry

Short Sleeve Baby Terry Dress (S-XL) | Jane

Yang sering berbelanja baju secara online mungkin sering menemukan di deskripsi pakaian yang terbuat dari bahan baby terry. Kain baby terry sering digunakan untuk sweater dan jaket tebal. Bahan penyusun baby terry adalah 80 persen katun dan 20  persen polyester. Karakteristik dari kain baby terry ini sendiri adalah tekstur kain yang lembut, kuat dan hangat. Dari karakteristik ini maka kain baby terry cocok untuk digunakan sebagai bahan dasar pakaian musim dingin.

Itulah tadi bahan-bahan bagus yang sering digunakan untuk membuat pakaian wanita yang lumrah digunakan. Masih banyak sebenarnya bahan lain yang digunakan namun saat ini yang paling sering digunakan dan sedang trending adalah pakaian wanita dari bahan kain yang disebutkan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *