Masker Kain Terbaik Mencegah Bakteri dan Virus

Saat ini, Indonesia sedang dalam keadaan gawat darurat. Indonesia dilanda bencana wabah non-alam yang penyebarannya sangat cepat. Hari demi hari, banyak masyarakat yang masuk ke dalam pemantauan. Wabah tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah virus Corona, atau biasa dikenal Covid-19. Berbagai usaha telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satu caranya adalah melakukan kebijakan physical distancing dan social distancing. Selain itu, warga juga disarankan untuk memakai masker. Tetapi karena terbatasnya masker APD, beragam alternatif seperti masker kain terbaik pun menjadi pilihan.

Masker kain bisa didapatkan lebih mudah daripada masker kesehatan. Harga masker kain pun lebih terjangkau. Dan yang paling mudahnya lagi adalah Anda bisa membuat masker kain sendiri di rumah. Tetapi perlu diingat bahwa tidak sembarang kain yang bisa digunakan untuk dijadikan masker. Ada beberapa ketentuan yang harus diikuti agar masker kain yang dibuat tidak mengakibatkan pengguna sakit. Sifat dan fungsi masker kain juga tidak sama dengan masker standar kesehatan.

Masker kain memang tidak sebaik masker kesehatan dalam hal fungsi. Tetapi setidaknya masker kain dapat melindungi warga yang sehat dari tertular penyakit. Dengan adanya masker kain, warga bisa menghindari diri dari berbagai risiko kesehatan yang datang melalui udara. Dengan adanya warga sehat mamakai masker kain, maka mereka bisa terhindar dari cipratan atau droplet bersin dan batuk penderita terinfeksi penyakit.

Masker bedah atau masker N95 hanya diperuntukkan untuk tenaga medis yang melakukan tugasnya dalam menangani pasien. Maka alternatif untuk masyarakat luas adalah masker kain. Masker kain terbaik tidak hanya masker yang terbuat dari kain yang memiliki persentase menangkal virus lebih tinggi. Tetapi kain yang digunakan pun harus yang nyaman dipakai.

Sebuah eksperimen yang dilakukan oleh peneliti dari Cambridge University mendapatkan hasil yang mengungkapkan bahwa bahan kantong di alat penyedot debu dan kain lap piring memiliki kemampuan menangkal virus dan bakteri lebih baik daripada jenis kain lain. Meskipun efektif, kedua jenis kain tersebut kurang nyaman dipakai. Mungkin saja ada risiko lain jika menggunakan kedua jenis kain tersebut.

Maka berdasarkan hasil eksperimen tersebut, peneliti Cambridge University tersebut menyimpulkan ada dua jenis kain terbaik yang bisa dijadikan pengganti masker bedah. Kedua jenis kain ini mampu menangkap partikel dengan baik tanpa mengurangi kemampuan bernapas seseorang. Kain-kain tersebut dapat menyaring sekitar 50 persen partikel ukuran 0.2 mikron. Ukuran ini hampir sama dengan ukuran virus Corona. Dengan masker kain tersebut, Anda bisa bernapas dengan mudah dan nyaman meskipun digunakan dalam waktu yang lama. Dan adapun kedua jenis kain tersebut adalah sebagai berikut:

1. Kain katun

Activated Carbon Filter Insert Washable Cotton Mouth Mask with Adjustable Straps.

Untuk kain katun sendiri, ada dua jenis kain katun yang telah dilakukan uji coba. Pertama adalah kain katun tanpa campuran, dan kedua kain katun campuran. Dalam pengujian partikel 0.02 mikron menunjukkan kain katun mampu menangkap 50 persen partikel.

2. Sarung bantal

Masker kain warna warni WA 087823471020

Sarung bantal adalah jenis kain terbaik yang bisa digunakan sebagai alternatif pengganti masker bedah untuk melindungi diri dari virus dan bakteri. Dalam pengujian partikel 0.02 mikron, hasilnya juga menunjukkan mampu menangkap partikel tersebut hingga 50 persen.

Nah, itulah beberapa masker kain terbaik yang bisa Anda jadikan alternatif untuk mencegah dan mengurangi penularan penyakit virus Corona. Anda juga bisa buat sendiri masker kain di rumah. Ingat, selalu jaga kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *