Manfaat kurma ajwa

Kurma adalah adalah salah satu buah yang umumnya banyak tumbuh di daerag gurun pasir, seperti timur tengah. Meski kurma bukan merupakan komuditas buah yang tumbu di Indonesia, namun buah ini cukup popular dan menjadi buat favorit serta banyak dikonsumsi terlebih pada bulan puasa. Buah kurma memiliki banyak jenis salah satunya yang paling banyak diminati adalah kurma ajwa. Menurut beberapa sumber, mengatakan bahwa rasulullah suka mengkonsumsi kurma ajwa, sehingga tidak heran apabila kurma ini menjadi jenis kurma yang banyak diburu.

Selain karena buah kurma ajwa adalah favorit rasulullah, rupanya buah ini juga mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat buah ajwa bagi kesehatan:

Al Ajwa Dates a Superfood, High Fiber, Heart Healthy Snacks, Natural Dried Fruit | eBay
  1. Mengurangi resiko penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang cukup berbahaya, pasalnya penyakit ini dapat menyerang penderita sewaktu-waktu yang jika tidak segera mendapatkan pertolongan akan menyebabkan kematikan. Penyakit jantung dapat dipicu oleh beberapa hal seperti hipertensi dan kolesterol. Mengkonkumsi makan sehat seperti kurma bisa menjadi alternative bagi penderita jantung. Sebab, pada kurma terkandung sejumlah mineral seperti kalium yang dapat menurunkan atau menstabilkan tekanan darah, dan juga terdapat asam fenolik yang sangat baik untuk hipertensi serta kandungan serat yang bermanfaat untuk membersihkan kolesterol jahat pada darah.

  • mencegah penyakit pencernaan

kurma mengandung serat larut air yang sangat baik bagi pencernaan. serat larut air ini tidak dapat dicerna oleh tubuh namun berguna untuk memadatkan kotoran atau feses dalam usus serta mengikat sejumlah sisa-sisa makanan sehingga mampu meningkatkan kelancaran pencernaan. dan juga kandungan senyawa fenolik yang terdapat membantu mencegah resiko penyakit kronis seperti kanker pada usus.

  • Menjaga kondisi tulang dan mengurangu resiko osteoporosis

Buah kurma mengandung sejumlah mineral seperti selenium, mangan, magnesium dan tembaga yang dipercaya sebagai zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk perkembangan tulang. Maka mengkonsumsi kurma rutin setiap minggu 2 kali sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tulang dan agar terhindar dari penyakit-penyakit tulang seperti osteoporosis.

  • Mengurangi resiko anemia

Kurma adalah buah yang dianjurkan bagi penderita anemia, hal ini karena kurma memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi, dimana zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Selain itu mampu menambah energy tubuh dan juga mengurangi rasa lelah dan lesu.

  • Mengurangi resiko diabetes

Bagi sebagian orang, penyakit diabetes adalah penyakit yang disebabkan oleh makanan-makanan manis. Namun sebenernya tidak semua makanan manis dapat menyebabkan penyakit degenaratif tersebut, namun justru dapat mencegah, misalnya saja buah kurma. Walaupun buah inni memiliki rasa yang manis, namun kurma memiliki indek glikemik yang rendah maksudnya buah ini memiliki waktu yang agak lama untuk dikonvesi oleh tubuh menjadi gula yang akibatnya akan meningkatkan gula darah. Bahkan kandungan serat pada buah ini diyakini mampu mengurangi resiko penyakit diabetes.

  • Menjaga fungsi otak

Selain banyak mengandung mineral yang cukup tinggi, buah kurma juga mengandung sejumlah antioksidan sejenis flavonoid yang memiliki sifat anti peradangan, dimana dapat berfungsi untuk mengurangi peradangan pada otak misalnya interleukin 6(IL-6) pada otak yang mana tingkat interleukin yang tinggi akan menyebabkan penyakit berbahaya pada otak misalnya menyebabkan penyakit Alzheimer. selain itu, kandungan antioksidan ini juga mampu menurunkan aktivitas beta amiloid yang menyebabkan plak pada otak dan beresiko menyebabkan kematian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *