Perbedaan Hoodie Dengan Sweater

Penggunaan outerwear saat ini sudah menjadi satu gaya berpakaian sendiri. Pada awalnya, outerwear digunakan untuk menghalau udara dingin dan sebagai penghangat saat cuaca dingin dan malam hari. Namun, saat ini outerwear juga bisa satu fashion statement sendiri. Banyak orang menggunakan outerwear sebagai gaya pakaian dan ciri khas tersendiri.

Glossier | Skincare & Beauty Products Inspired by Real Life

Ada banyak outerwear yang saat ini ditemukan dan bisa Anda temukan di pasaran. Jaket adalah salah satunya. Selain itu, ada juga sweater dan hoodie yang sekilas cukup mirip dengan jaket. Baik jaket, sweater, ataupun hoodie, saat ini sering digunakan dalam berbagai kegiatan. Dari mulai bersantai di rumah, hingga kegiatan casual lainnya.

Desain jaket, hoodie, dan sweater yang praktis membuat pakaian ini nyaman dikenakan dalam berbagai kesempatan. Namun, adakah perbedaan antara hoodie dan sweater? Supaya tidak salah sebut, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan antara dua outerwear yang banyak dipakai orang ini.

Fungsi Sweater dan Jenis – Jenis Sweater

Sweater bisa disebut sebagai penghangat. Sesuai dengan namanya, penggunaan sweater pada dasarnya untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Karena itu, bahan atau material pembuatnya seringkali menggunakan material yang dapat menghangatkan tubuh. Seperti rajutan, wol, katun, fleece, baby terry, dan lain sebagainya.

Selain bisa digunakan secara mandiri, sweater juga biasa digunakan bersama dengan pakaian lainnya. Seperti kemeja, kaos, atau blouse.

Ada banyak tipe sweater yang bisa Anda temukan di pasaran. Termasuk di antaranya adalah sweater model cardigan yang memiliki pembuka di bagian depannya. Ada juga model sweater pullover tanpa pembuka. Vest atau vest sweater juga merupakan bagian dari sweater yang memiliki model tanpa lengan.

Perbedaan Desain Hoodie dan Sweater

Hoodie dan sweater pada dasarnya merupakan satu jenis pakaian yang sama. Hanya saja, hoodie digunakan untuk menyebut sweater dengan penutup kepala secara khusus. Kata hood dalam hoodie sendiri memang memiliki arti tudung atau penutup kepala.

Umumnya, hoodie juga memiliki desain yang khas. Yaitu adanya saku atau kantong pada bagian depan hoodie yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan barang – barang kecil agar lebih praktis. Selain itu, bagian penutup kepala juga biasa dilengkapi dengan tali yang bisa digunakan untuk menyesuaikan bukaan penutup kepala.

Beberapa hoodie dibuat dengan desain pembuka di bagian depan berupa resleting atau zipper. Namun, ada juga hoodie yang tidak memiliki pembuka di bagian depannya. Hampir mirip dengan sweater pullover dengan penutup kepala.

Biasanya, hoodie digunakan untuk berbagai aktivitas casual atau pada saat udara dingin. Selain itu, hoodie juga umum digunakan pada saat jogging atau melakukan olah raga lainnya.

Bedanya Jaket dengan Hoodie dan Sweater

Banyak orang yang menyebut hoodie dan sweater sebagai jaket. Akan tetapi, secara umum jaket biasa digunakan untuk menyebut outerwear yang dibuat dari bahan kulit, denim, parasut, dan kanvas. Biasanya, jaket dibuat dari bahan yang tebal dan tahan angin. Serta memiliki lapisan bagian dalam yang berfungsi menghangatkan tubuh.

Selain itu, jaket pada umumnya didesain dengan adanya bukaan depan. Baik dengan menggunakan resleting atau kancing. Model jaket yang saat ini banyak digemari adalah jaket parka, jaket kulit, jaket bomber, dan jaket jeans.

Itulah perbedaan hoodie dan sweater serta jaket yang menarik untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui perbedaan ini, maka akan lebih mudah bagi Anda untuk membedakan sweater dan hoodie. Semoga Anda tidak pernah salah lagi ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *