Model-Model Blazer Elegan dan Kece

Ada yang bilang blazer itu sama dengan jas. Jas itu pasti blazer, dan lazer itu pasti jas. Apakah Anda setuju dengan pernyataaan ini? Perlu diketahui bahwa blazer itu berbeda dengan jas. Fashion pria dan wanita ini berbeda memiliki karakter pemakaian yang berbeda dengan jas pada umumnya. Bahan kain jas lebih kaku, sedangkan blazer lebih tipis dan lembut. Warna jas identik dengan warna netral dan warna blazer sangat bervariasi.

Jahitan jas dibuat dengan tiga lapis, sementara blazer hanya satu lapis jahitan saja. Dan perbedaan yang sangat penting Anda ketahui adalah jas seringkali digunakan untuk acara-acara formal. Sedangkan blazer bisa Anda pakai diberbagai acara formal dan non-fomal dengan kombinasi bawahan celana jeans.

Nah, setelah mengetahui perbedaan mendasar dari jas dan blazer, maka yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah model-model blazer. Berbeda dengan jas, model blazer sangat bervariasi. Dan berikut ini adalah 5 model-model blazer terbaru dan kegunaannya.

1. Single Breasted

Slim-fit single-breasted blazer in stretch virgin wool | Woman ...

Model blazer yang pertama adalah model blazer single breasted. Dan sesuai namanya, model blazer ini hanya memiliki satu kancing saja. Letak kancing tepat di tengah tubuh pemakai. Model lazer ini sangat cocok dikombinasikan dengan dalaman rompi berkancing tanpa kerah dan lengan. Banyak yang menyukai model ini karena kesannya yang kasual.

2. Double Breasted

Mvgirlru Kantor Lady Blazers Wanita Double Breasted Blazer Jaket ...

Kalau tadi hanya ada satu kancing, maka blazer double breasted memiliki dua set kancing. Model ini sangat ideal untuk pria dan wanita yang memiliki bentuk tubuh tinggi proporsional. Dan model ini tidak disarankan bagi Anda yang memiliki tubuh besar.

3. Tuxedos

Stretch-Wool Crepe Tuxedo Jacket - Brooks Brothers

Pernah lihat film Tuxedo yang diperankan oleh aktor ternama dunia Jacky Chan? Nyatanya Tuxedo yang dipakai bukan hanya termasuk ke kategori jas, melainkan juga blazer. Ini adalah model blazer andalah pria yang cocok dipakai pada acara resmi dan formal. Umumnya model ini berwarna hitam dengan ekor di bagian belakangnya. Akan semakin sempurna jika Anda mengombinasikannya dengan dasi kupu-kupu dan kemeja berkerah sayap.

4. Zoot Suits

Zoot Suit - MEMORANDUM | NYC Fashion & Lifestyle Blog for the ...

Zoot Suits adalah blazer unik yang berasal dari African Americans. Cirinya adalah long coats, big lapels dan high waisted. Model ini tidak sepenuhnya cocok untuk semua pria. Anda perlu memerhatikan bentuk tubuh untuk menggunakan model blazer ini.

5. Mandarin Suits

Women's UltraLux Mandarin Collar Blazer – Executive Apparel

Model blazer yang kelima adalah Mandarin suits. Umumnya, blazer model ini memiliki gaya kancing yang dikancingkan semua. Bagi Anda yang memakai blazer ini, kesan yang muncul adalah kurus dan tajam. Ini adalah model yang sangat cocok untuk acara malam hari yang sangat elegan.

Tidak semua kelima model blazer di atas cocok untuk pria dan wanita. Memang mayoritas blazer diidentikkan dengan pria. Dan wanita identik dengan gaun. Tetapi tidak berarti bahwa tidak ada model blazer untuk wanita. Beberapa model blazer di atas tetap ada yang cocok untuk wanita meskipun tidak semuanya. Biasanya, model blazer wanita yang kekinian adalah model blazer panjang tanpa kancing yang memiliki ukuran melewati lutut.

Model blazer wanita lebih cenderung pada kesan kasual dan nyaman buat hangout. Blazer model untuk wanita yang lebih kaku biasanya dikenakan pada acara resmi dan formal saja seperti di kantor, sekolah dan lain sebagainya. Dan demikian itulah model-model blazer yang bisa Anda ketahui. Semoga ini menjadi referensi tambahan buat Anda tentang blazer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *