Cara Mudah Membuat Baju Tie Dye Menggunakan Bayclin

Hampir setiap saat akan munculnya tren tren fashion baru yang pastinya semakin meramaikan industri fashion di Tanah Air. Salah satunya yang terbaru dan sempat menjadi hits adalah motif warna warni atau yang sering disebut dengan motif Tie Dye. 

Mungkin kamu belum terlalu familiar dengan istilah Tie Dye ini kan? Tie Dye dikenal sebagai warisan kaum Hippies yang sebenarnya merupakan teknik pembuatan motif sekaligus pewarnaan dengan teknik ikat celup. Motif motif yang oleh teknik ikat celup ini sangat bervariasi, tergantung pada cara dan pola mengikat talinya. Begitu juga dengan teknik pewarnaannya, kamu bisa menyesuaikan dan mencampurkannya sehingga akan dihasilkannya perpaduan warna warni yang indah. Dan yang lebih menariknya lagi, biasanya motif motif pada baju Tie Dye ini tidak akan sama antara satu dengan yang lainnya sehingga menjadi terkesan lebih eksklusif. 

Saat ingin beli kaos tie dye yang baru, kamu harus menyiapkan uang sekitar 50 hingga 100 ribuan. Padahal ternyata kamu bisa membuat baju kaos tie dye sendiri dengan memanfaatkan Bayclin pemutih pakaian. Kebanyakan orang membuatnya dengan menggunakan tinta pewarna untuk tie dye. Tetapi jika kamu merasa terbebani untuk mendapatkan pewarna baju yang diinginkan atau tidak mau repot dalam memilih varian warna, maka tidak ada salahnya memanfaatkan bayclin pemutih pakaian yang tersedia di rumah .

Dengan hanya menggunakan bayclin di rumah, kamu sudah bisa mendapatkan baju tie dye dengan motif yang bagus seperti motif galaxy, crumple, dan pastel. Berikut dibawah ini cara mudah membuat baju tie dye menggunakan bayclin diantaranya yaitu : 

  1. Bahan Bahan :
  2. Bayclin pemutih pakaian.
  3. Sarung tangan karet atau plastik.
  4. Kain alas.
  5. Plastik biasa atau Zipper Bag.
  6. Karet gelang. 
  7. Botol pencet atau botol semprot.
  8. Baju hitam bersih dari bahan katun.
  9. Deterjen pakaian. 
  10. Cara Membuatnya :
  11. Gunakan sarung tangan dan pastikan kamu bekerja diluar ruangan atau didalam ruangan berventilasi besar. Pasalnya uap pemutih sangat kuat dan bisa membahayakan. 
  12. Sediakan baju hitam dari katun yang bersih. Kenapa warna hitam? Pasalnya warna hitam lebih baik untuk pemutih supaya bisa menghasilkan warna yang kontras. Tetapi tidak ada salahnya jika ingin bereksperimen dengan warna baju lainnya. 
  13. Membentangkan kain alas supaya tempat kamu bekerja terlindungi dari pemutih dan tidak akan menjadi kotornya baju hitam yang akan kamu tie dye. Usahakan kain alasnya tetap kering supaya tidak meresap. 
  14. Baju hitam dilebarkan diatas alas lalu mulailah membuatan lipatan sesuai dengan motif yang diinginkan. Cubit sejumput pakaian mulailah dari bagian tengahnya, lalu gulung gulung hingga habis menyerupai pola spiral, kemudian ikatkan dengan karet gelang. 
  15. Setelah itu tuangkan campuran pemutih dan air yang ada didalam botol spray atau botol pencet keseluruh area baju dibolak balik. Untuk ukurannya 1 : 1. 
  16. Kemudian diamkan pemutih pada pakaian selama 8 hingga 10 menit. Sebenarnya pemutih ini sudah bisa merubah warna pakaian hanya dalam hitungan 2 menit pertama saja, tetapi supaya warnanya lebih mantap dibutuhkan waktu sekitar 10 menit. Jangan membiarkannya terlalu lama karena bisa merusak garmen pakaian. 

Jika kamu telah menemukan motif tie dye baju yang diinginkan, kamu bisa langsung mencucinya menggunakan deterjen pakaian yang lembut supaya terhindar dari proses pemutihan kimiawi. Kemudian jemur dan keringkan. Sekarang kaos tie dye buatanmu sendiri sudah siap digunakan. Cara membuat baju kekiniaan tie dye diatas mudah kan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *