Fakta Menarik Tentang Dunia Fashion

Seolah tidak ada habisnya, dunia fashion semakin berkembang dari waktu ke waktu. Sekarang ini fashion menjadi salah satu kewajiban di kehidupan sehari-hari masyarakat seluruh dunia. Fashion adalah gaya dalam berpakaian yang di gunakan oleh masyarakat di kehidupan sehari-hari, atau pakaian yang dipakai ketika seseorang menghadiri acara tertentu yang bertujuan untuk memperbaik penampilannya agar tampil percaya diri.

Perkembangan tren dunia fashion berawal pada tahun 1900an dimana pada saat itu tren fashion dimulai dari feathered hat, Edwardian closet, The Flapper Dress, Flapper Headband, Cloche Hats, Puff Sleeves, Utility Dresses , High-Waisted Bikini, The Poodle Skirt, Saddle Shoes, The Crop Top, dan masih banyak lagi yang sampai saat inipun masih kita jumpai. Bagi kalian semua pasti pernah menjumpai seseorang mengenakan crop top kan? Crop top adalah salah satu tren yang ada di tahun 1970an loh. Bisa kita simpulkan bahwa fashion sangatlah beraneka ragam dan perkembangannya sangat tak diduga-duga. Karena perkembangannya yang sangat pesat dan beraneka ragam, di dalam dunia fashion terdapat banyak sekali hal-hal yang unik yang sangat menarik untuk dibahas. Berikut adalah  fakta unik di dunia fashion.

1. Fakta tentang Rok

Apakah kalian tahu apa model pakaian tertua di dunia ini? Jawabannya adalah rok. Rok adalah pakaian yang dipakai di bagian bawah tubuh manusia berupa kain yang menutupi dari bagian pinngul atau pinggang hingga menutupi sebagian atau seluruh bagian kaki. Terdapat ilmuwan yang menukan potongan rok yang terbuat dari ilalang yang usianya 5900 tahun. Lalu, ditemukan juga mumi seorang gadis dari Denmark yang mengenakan rok mini yang hidup diantara tahin 1390 sampai 1370 sebelum masehi. Dan pada jaman dahulu rok tidak hanya digunakan oleh perempuan saja, tetapi digunakan oleh laki-laki juga. Dikatakan bahwa dahulu di Mesir kuno, Skotlandia, dan Spanyol para laki-laki disana menganakan rok.

2. Baju Tie Dye

Baju tite dye adalah baju dengan teknik pewarnaan kainnya menggunakan metode ikat dan celup memakai pewarna khusus kain yang bernama atau disebut dengan dye. Hingga saat ini baju tie dye masih sangat digandrungi oleh kalangan muda. Baju tie dye ternyata sudah ada semenjak jaman dahulu. Dahulu baju tie dye menjadi pakaian yang dipakai para kaum hippie.

Kaum hippie adalah kaum yang menentang perang Vietnam Amerika. Berawal dari sinilah tercipta pergerakan anti perang dan terbentuklah komunitas hippies yang berarti cinta damai, hidup berdampingan dengan alam atau cinta alam, dan memiliki sikap protes. Setelah itu baju tie dye ini menjadi populer di tahun 1964, awal mulanya karena brand Rit Dye yang membuat para seniman untuk membuat ratusan kaos tie-dye yang nantinya akan mereka jual. Ciri khas baju tie dye ini ialah memiliki warna yang cerah.

3. Cardigan

Cardigan adalah salah satu pelengkap pakaian yang dipakai diluar baju layaknya jaket. Biasanya cardigan terbuat dari rajutan benang wol. Modelnya yang simpel dan casual membuat banyak orang suka mengenakan cardigan, terutama wanita. Jika kalian mengetahui awal mula atau sejarah dari cardigan pasti kalian terkejut. Karena awal dibuatnya cardigan itu untuk kaum pria loh. Cardigan dibuat awalnya untuk jaket para militer saat perang dunia. Nama salah satu jenis jaket ini terinspirasi dari salah satu Mayor Jenderal Angkatan Darat dari Inggris yang memiliki nama James Brudenell, Earl of Cardigan ke-7.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *